Tips Rumah Tetap Nyaman Meski Plafon Rendah

Tinggi rendahnya plafon sangat mempengaruhi suhu ruangan yang ada di dalam rumah. Plafon rumah yang tinggi, justru memudahkan sirkulasi udara masuk ke dalam rumah sehingga rumah tampak lebih sejuk dan tidak panas. Berbeda dengan plafon rumah yang rendah. Plafon yang rendah justru mengurangi sirkulasi udara masuk ke dalam rumah, sehingga rumah akan terasa, sempit, panas dan sesak.

Jarak ideal antara lantai dengan plafon yaitu 3,2m hingga 3,4m. Apabila lebih dari itu, maka rumah akan semakin baik dihuni karena hawa panas yang bersumber dari atap akan tereduksi dengan jarak yang cukup panjang. Namun, tidak semua rumah yang dibangun memiliki jarak ideal yang disarankan. Melainkan ada yang memiliki ketinggian plafon dengan jarak 2,6m hingga 3m saja. Salah satu solusinya dengan memperbaiki ventilasi udara dalam rumah, khususnya area atap.

Berikut adalah beberapa tips agar rumah tetap nyaman meski dengan plafon rendah:

1. Memilih furniture yang tidak terlalu tinggi

Pilihlah furniture yang tidak terlalu tinggi di rumah, baik untuk kamar tidur, ruang tamu dan ruangan lainnya. Salah satu desain rumah yang dapat Anda siasati dengan memilih perabotan berukuran sedang, namun tidak memberikan kesan padat pada rumah yang dibangun dengan plafon rendah.

2. Hindari pemasangan lampu gantung

Tidak memasang lampu gantung pada plafon yang rendah. Pemasangan lampu gantung lebih cocok pada rumah yang memiliki plafon tinggi, namun jika dipaksakan memakai lampu gantung pada plafon rendah maka akan menimbulkan ruangan yang padat dan sesak. Agar terlihat lebih ideal, sebaiknya pilihlah lampu duduk bagi rumah yang memiliki plafon rendah.

3. Memberikan warna yang sama pada plafon dan dinding

Salah satu trik yang paling ampuh dan paling digunakan oleh banyak orang dalam mengkombinasikan plafon rendah dengan memberikan warna yang sama dengan dinding. Oleh karena itu, berhati -hatilah dalam memilih warna. Jangan sampai dalam pemilihan warna justru menghasilkan ruangan menjadi terlihat kecil. Misalnya, Anda dapat menggunakan warna biru halus, putih atau abu-abu muda  untuk menghasilkan warna yang lebih terang, bersih dan terbuka. Anda bisa juga memilih warna selain yang disebutkan, asalkan warna yang Anda pilih dapat merefleksikan cahaya dan menyamakan warna antara plafon dan dinding.

4. Pemilihan interior yang tepat

Anda dapat memilih dan menggunakan gorden yang menjuntai hingga lantai. Selain itu, Anda juga bisa menggantungkan karya seni pada dinding di bagian atas. Hal ini akan memberikan dampak pada ruangan dan akan memberikan kesan yang luas apda ruangan. Jangan lupa untuk meletakkam kaca besar di ruangan tersebut agar terlihat lebih menawan.

5. Memasang lantai yang mengkilap

Kesan plafon rumah yang tinggi dapat Anda dapatkan pada pemasangan lantai yang mengkilap. Karena lantai yang mengkilap dapat memantulkan benda di atasnya sehingga akan menimbulkan kesan lebih tinggi. Pilihan yang paling mudah dan murah yaitu memasang lantai keramik berwarna putih, sehingga lantai akan memantulkan cahaya yang memberikan efek luas sebuah ruangan.

Nah itu tadi beberapa tips agar rumah tetap nyaman meski dengan plafon rendah. Jangan lupa untuk diterapkan. Semoga bermanfaat.

One thought on “Tips Rumah Tetap Nyaman Meski Plafon Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada yang mau di Tanya ? Chat aja