Cara Memasang Plafon Metal

Pemasangan plafon metal menjadi salah satu alternatif yang populer dalam mendesain interior ruangan. Material yang kuat dan tahan lama membuat plafon metal menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang. Artikel ini akan membahas secara detail cara memasang plafon metal, mulai dari persiapan bahan hingga langkah-langkah pemasangannya. Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan pembaca dapat dengan mudah mengaplikasikan plafon metal dalam proyek desain interior mereka.

Alat Untuk Memasang Plafon Metal

Sebelum melakukan pemasangan, sebaiknya siapkan beberapa alat dan bahan untuk memasang plafon metal. Berikut alat dan bahan yang harus Anda persiapkan:

  • Papan Metal
  • Rod hanger
  • Paper tape
  • Sekrup
  • Bor listrik
  • Paku
  • Kawat
  • Hollow 2×4 dan 4×4
  • Gunting hollow
  • Martil
  • Cutter
  • Gergaji besi
  • Tang
  • Selang timbang

Setelah memastikan barang dan bahan yang dibutuhkan telah siap, pastikan area kerja bisa digunakan dengan efektif dengan memperhatikan keamanan dan keselamatan kerja (K3) agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Kemudian, pastikan area yang akan dipasang plafon sudah bersih dari bekas pengecoran, balok, maupun ring balok. Terakhir, pastikan pekerjaan seperti plester, acian, hingga benangan telah selesai. Tinggi plester kurang lebih harus berada di kisaran 10 cm dari elevasi plafon yang telah di tentukan. Setelah semua siap, Anda sudah bisa memulai mengerjakan pemasangan plafon.

Cara Memasang Rangka Plafon Metal

1. Tentukan elevasi ketinggian plafon di sekeliling ruangan yang akan dipasang rangka. Setelah itu gunakan waterpass untuk menentukan titik elevasi antar dinding. Gambar garis putus untuk menyatukan titik elevasi yang sudah ditentukan.

2. Setelah itu pasang siku metal atau wall angle yang nantinya akan berfungsi sebagai penyangga metal furing (hollow). Tempatkan siku metal pada tanda garis dimulai dari dinidng dengan bentang terpanjang.

3. Bor siku metal dengan jarak antar sekrupnya 40-50 cm. Pastikan siku dibaut dengan rapat atau kencang agar kuat menyangga hollow. 

4. Lanjutkan pemasangan siku metal pada dinding yang lain dan pastikan untuk memasangnya saling tinding sepanjang 40cm. Bentuk siku metal menjadi bentuk L di ujung menggunakna gunting hollow. Kencangkan semua daerah metal yang bertindihan tersebut.

5. Setelah semua siku metal terpasang, buat garis menggunakan spidol pada setiap 60 cm hollow berukuran 2×4 dan beri jarak 120cm untuk ukuran 4×4.

6. Setelah itu potong hollow dengan panjang yang telah direncanakan dan letakkan di atas siku metal lalu kencangkan dengan baut.

7. Selanjutnya pasang kawat penggantung atau rod hanger pada dak beton menggunakan paku ramset dengan jarak per 120cm x 120 cm.

Cara Memasang Papan Plafon Metal

1. Pastikan semua kerangka yang sudah terpasang bebas dari lembab sebelum pemasangan plafon metal dimulai. Bersihkan juga semua kotoran yang ada agar tidak menumpuk dan menempel saat lembaran plafon dipasang.

2. Beri ruang untuk sistem pemasangan apapun itu, mulai dari kabel suspensi, compression sturts, rod hanger, dan lainnya yang harus sudah terpasang atau terinstall sebelum ditutup dengan papan metal seperti saluran listrik, pipa sprinkler dan lainnya.

3. Letakkan potongan plafon per lembarnya, dan rekatkan menggunakan hangar wires atau braket, dan tempel panel logam ke jaringan suspensi atau ke kerangkanya dengan baik.

4. Rekatkan menggunakan baut atau paku. Pastikan untuk mengukur sesuai dengan lebar dan ukuran yang sesuai. Bila ada yang kurang dan perlu diisi, potong bagian panel metal atau lembaran plafon metal tersebut sesuai ukuran yang dibutuhkan, tumpuk dan rekatkan menggunakan paku.

5. Setelah semua terpasang, pastikan untuk mengecek ulang jika semuanya telah merekat dengan kuat.

Nah, itu tadi cara memasang plafon metal. Jangan lupa untuk diaplikasikan di rumah ya. Semoga bermanfaat.

One thought on “Cara Memasang Plafon Metal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada yang mau di Tanya ? Chat aja